Ibu pun Bisa Meracik Gizi ASI

Meracik Gizi ASI

Meracik Gizi ASI

Dewasa ini, sering kita melihat iklan susu formula di televisi yang selalu mengedepankan kandungan gizi yang beraneka ragam dan diklaim mampu membantu meningkatkan kecerdasan anak. Hal itu tidak sepenuhnya salah. Berbagai zat gizi seperti AA, DHA, prebiotik memang sudah terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan membantu perkembangan otak. Contohnya susu formula A+ yang kini marak beredar. Kandungan gizi dalam susu formula A+ tersebut sangat bermacam-macam. Namun harga susu formula yang tinggi kadang menjadi tidak terjangkau oleh ibu-ibu, sehingga kadang mereka khawatir tidak dapat memenuhi gizi anak-anaknya.

Sebenarnya ibu tidak perlu khawatir karena Tuhan sudah menganugerahkan ASI yang kandungan gizinya cukup lengkap. Jumlah produksi dan kandungan gizi dalam ASI sebenarnya dapat dimaksimalkan dengan konsumsi makanan tertentu pada masa menyusui. Mengonsumsi makanan bergizi selain bisa memulihkan energi setelah fase hamil dan melahirkan, juga memengaruhi kualitas ASI.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain ikan salmon, susu rendah lemak, kacang-kacangan,telur, bayam, dan daun yang cukup. Ikan salmon mampu meningkatkan kandungan DHA dalam ASI yang bisa membantu perkembangan otak. Susu rendah lemak menyediakan kalsium yang tidak hanya diperlukan oleh ibu, tetapi juga yang penting bagi tulang bayi. Kacang-kacangan dan telur menyediakan protein dengan harga yang relatif terjangkau. Bayam memberikan asam folat untuk membantu perkembangan tulang, tulang rawan dan kolagen. Tidak lupa daun katuk yang sudah menjadi warisan turun-temurun dipercaya meningkatkan produksi ASI. Selamat makan, Bunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s