Mengenal Penyakit Eksim pada Bayi

Penyakit Pada Bayi

Penyakit Pada Bayi

Eksim atau yang biasa disebut dengan eksema adalah jenis penyakit yang bisa menyerang bayi. Kulit bayi yang masih sensitif menyebabkan eksim semakin berkembang dengan cepat. Biasanya, eksim sering muncul pada bayi di usia 3 sampai 4 bulan. Eksim bisa muncul di bagian manapun pada kulit, namun jarang ditemukan pada daerah bekas pemakaian popok. Eksim adalah peradangan yang terjadi pada kulit dengan membentuk gelembung kecil atau lepuhan hingga pecah dan mengeluarkan cairan. Penyakit ini menyebabkan kulit bayi merah dan bisa mengeluarkan nanah.

Penyebab Munculnya Eksim
Penyebab penyakit eksim pada bayi bisa terjadi karena berbagai hal. Ini tergantung pada riwayat alergi atau predisposisi genetic pada keluarga bayi. Ada sebagian bayi yang terkena penyakit eksim setelah memegang detergen dan sabun. Ada sebagian lainnya yang terkena eksim setelah memegang peralatan rumah tangga lainnya. Selain menyebabkan kulit bayi merah, eksim juga membuat penderita mengalami rasa gatal yang luar biasa.

Cara Mencegah Eksim
Yang harus dilakukan jika bayi terserang eksim adalah dengan menghilangkan rasa gatal sekaligus mencegah infeksi lebih lanjut. Kondisi kulit yang kering akan membuat eksim semakin gatal. Oleh karena itu, gunakan lotion dan produk pelembab lainnya untuk membantu melembabkan kulit. Jika penyakit semakin parah dan tak kunjung sembuh, segera bawa bayi ke dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s