Dampak Permen Bagi Anak

Kesehatan Anak

Kesehatan Anak

Hampir semua anak di seluruh dunia pasti menyukai permen karena rasanya yang manis. Rasa permen yang manis bahkan membuat mereka ketagihan! Sebenarnya, apakah dampak permen bagi kesehatan anak?
Dampak Negatif Permen Bagi Anak
Dalam sebutir permen terkandung beberapa zat seperti sukrosa dan glukosa, sakarin atau siklamat, asam sitrat,zat perwarna dan berbagai zat tambahan lainnya. Zat-zat tersebut jika terlalu banyak dikonsumsi tentu saja akan merugikan kesehatan. Dampak negative terlalu banyak makan permen bagi anak diantaranya:
1. Termasuk golongan junk food. Permen sebenarnya sama sekali tidak memiliki kandungan gizi, karena kandungan kalori pada sebutir permen sangat rendah, hanya sekitar 20-30 kalori.
2. Dapat merusak gigi. Jika anak tidak dibiasakan menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, sisa-sisa permen akan menempel di gigi dan menyebabkan caries gigi atau gigi berlubang.
3. Dapat mengurangi nafsu makan. Jika permen dikonsumsi mendekati waktu makan akan dapat mengurangi nafsu makan pada anak, karena kandungan dalam permen memberikan efek kenyang.
Dampak Positif Permen Bagi Anak
Selain dampak negative, sebenarnya permen juga memiliki dampak positif bagi kesehatan anak. Permen dengan kualitas baik, kandungan sukrosanya akan diubah secara cepat menjadi energy. Apabila permen tersebut terbuat dari bahan-bahan bernutrisi seperti susu, cokelat, gula merah, kacang ataupun licorice, maka bisa menambah asupan gizi.

Sumber . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s