4 Makanan Sehat dengan Kandungan Serat Tinggi

Makanan Berserat

Makanan Berserat

Makanan berserat dapat menghindari kita dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti kesulitan buang air besar. Atau konstipasi. Demi menghindari penyakit akibat kekurangan serat dan menjaga usus besar anda tetap sehat dan dapat bekerja dengan semestinya. Maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Berikut adalah beberapa jenis makanan berserat tinggi yang baik untuk anda konsumsi tiap hari.
Sayur-sayuran
Sayur-sayuran adalah sumber makanan yang penting demi memenuhi kebutuhan serat dan vitamin dalam tubuh manusia, dan sebaiknya harus ada di setiap menu harian anda. Banyak sekali jenis sayur-sayuran yang mudah kita jumpai misalnya brokoli, bunga kol, bayam, kubis ungu, lobak, dan labu merupakan contoh sayur-sayuran yang memiliki kadar serat tinggi.
Buah-buahan
Buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan bagus bagi tubuh karena mengandung serat tinggi. Selain itu vitamin yang terdapat pada buah baik untuk metabolisme tubuh dan menjaga daya tahan tubuh dari penyakit. Aneka buah berry adalah jenis buah-buahan yang memiliki kandungan serat paling tinggi diantara jenis buah-buahan yang lain.
Kacang-kacangan
kacang-kacangan juga merupakan makanan dengan serat tinggi, selain untuk makanan pokok, kacang-kacangan juga dapat dijadikan camilan sehat. Kacang-kacangan seperti pistachio, almond, dan walnut adalah kacang-kacangan yang memiliki serat tinggi.
Biji-bijian
yang terakhir adalah biji-bijian, biji-bijian adalah sumber makanan rendah lemak, serat tinggi dan dan sumber zat besi, serta vitamin B seperti riboflavin, tiamin, niasin dan asam folat, dan juga mengandung mineral seperti, magnesium, potassium dan selenium. Biji-bijian yang endospermnya masih melekat adalah biji-bijian yang kaya serat. Misalnya saja gandum. Gandum seperti brown rice, oat, tepung gandum, dan roti dari gandum. Anda juga dapatmenggunakan sereal gandum untuk menu sarapan anda. Karena sarapan gandum bisa menurunkan hormon stress dan tingkat kortisol yang terkait dengan berat badan. Makanan ini sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan diet.

Sumber . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s