Kerap Buang Air Kecil? Waspada Diabetes!

Gejala Diabetes

Gejala Diabetes

Gejala-gejala penyakit diabetes pada dasarnya dapat diketahui dengan mudah. Akan tetapi, para penderita diabetes seringkali tidak menyadari akan gejala-gejala tersebut. Tidak heran jumlah penderita diabetes pun terus meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, akan sangat bijak jika para penderita diabetes mengetahui gejala diabetes sejak dini.
Kadar gula dalam darah merupakan tanda adanya penyakit diabetes. Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh mengakibatkan tingginya jumlah cairan di dalam urin. Hal ini dikarenakan adanya kelebihan gula dalam darah yang akan dikeluarkan lewat urin. Banyaknya jumlah gula dalam darah yang harus dikeluarkan menyebabkan tubuh terpaksa menarik banyak cairan, sehingga urin yang dikeluarkan lebih banyak atau dalam artian para penderita akan kerap buang air kecil. Adapun tingginya kadar gula dalam darah disebabkan karena rusaknya sel-sel beta pankreas atau resistensi sel terhadap hormon insulin. Hormon insulin diperlukan dalam proses metabolisme gula yang berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika hormon insulin tidak diproduksi atau sel-sel menolak hormon insulin, maka proses metabolisme gula dalam tubuh akan terganggu dan menyebabkan gula tetap berada dalam darah.
Kesadaran sejak dini para penderita diabetes akan gejala diabetes sangat diperlukan. Pemeriksaan dan penanganan dini dapat dilakukan guna menstabilkan kadar gula di dalam darah. Hal ini tentu akan mengurangi resiko lebih parah yang dapat diakibatkan penyakit diabetes.

Sumber . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s