Pentingnya Pembuatan Sumur di Lingkungan Rumah

Sumur Resapan

Sumur Resapan

Meningkatnya jumlah bangunan yang ada di daerah-daerah kota-kota besar berdampak pada jumlah resapan air yang sulit didapatkan. Bisa dibayangkan jika lahan yang ada di lingkungan rumah anda semuanya tertutup dengan semen atau material lainnya yang tidak bisa menyerap air, maka hujan yang turun tidak bisa langsung masuk meresap kedalam tanah. Keberadaan sumur resapan ini ditujukan sebagai salah satu solusi dari hal tersebut selain itu bisa menampung air bersih sehingga dapat digunakan sebagai cadangan air saat musim kemarau.Dalam Tata Cara Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan untuk Lahan Pekarangan terdapat syarat yang disesuaikan dengan Standar Nasional Indonesia, seperti berikut :
1. Untuk daerah pembuatan sumur ini harus berada di tempat yang datar, tidak dianjurkan pada lereng lahan dan curam.
2. Jarak sumur dari penimbunan sampah maupun septic tangk kurang lebih 5 meter sedangkan dari bangunan rumah berjarak kurang lebih 1 meter
3. Batas kedalaman sumur jika sudah mencapai lapisan tanah berpasir atau 2 meter dari permukaan air tanah maksimalnya.
4. Struktur pada tanah diharuskan mempunyai kemampuan dalam menyerap air paling rendah 2 cm per jam. Maksudnya dalam satu jamnya dapat menyerap genangan pada air pada ketinggian 2 cm.
Sumur resapan ini ternyata sangat penting bagi lingkungan sekitar dengan begitu banyaknya manfaat yang ada pada pembuatan sumur itu sehingga dianjurkan setiap bangunan rumah bisa membuatnya.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s