Bahan Makanan untuk Pola Makan Sehat

Bahan Makanan untuk Pola Makan Sehat – Kesehatan adalah anugrah yang tiada duanya yang harus dijaga oleh setiap orang namun karena berbagai macam alasan seperti karena kurang biaya berobat dan aktivitas padat sehingga tidak dapat menjaga pola makan, membuat seseorang menjadi sakit. Untuk mengembalikan keadaan seperti semula, membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan harus menerapkan pola makan sehat sehingga ketahanan tubuh menjadi meningkat dan membuat tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

Bahan Makanan untuk Pola Makan Sehat

Terdapat berbagai bahan makanan yang dapat Anda konsumsi sebagai menu makanan sehat dalam penerapan pola makan yang sehat. Pertama adalah sayur-sayuran. Sayur memiliki beraneka macam bentuk, kandungan yang dapat dilihat dari warna sayur tersebut dan berguna bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi makan sayur secara rutin, dapat membantu meringankan pekerjaan pencernaan sehingga terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Kedua adalah buah-buahan. Buah yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bagus untuk tubuh dapat membantu dalam pemenuhan nutrisi harian tubuh Anda sehingga menurunkan resiko terkena penyakit. Buah yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah dengan kandungan vitamin C seperti jeruk. Ketiga adalah telur yang protein yang berlimpah. Dengan mengkonsumsi telur sesuai dengan porsinya, dapat membantu untuk menguatkan otot tubuh dan mempercepat pertumbuhan rambut yang dapat membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat.

Baca juga : Gejala Hipertensi Pada Tahap Awal

Bahan makanan lainnya yang dapat Anda masukkan dalam pola makan sehat yaitu:

  • Seafood yang mengandung protein dan omega 3 yang baik untuk otak, perkembangan dan pertumbuhan tubuh terutama untuk anak-anak. Namun, sebagian orang yang mengalami alergi terhadap makanan laut, dapat menggantinya dengan bahan makanan dari air tawar seperti ikan lele.
  • Susu mengandung kalsium yang tinggi untuk membantu dalam meningkatkan dan menguatkan pertumbuhan tulang. Dengan konsumsi susu setiap pagi, dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga cocok bagi Anda yang memiliki kegiatan padat.
  • Nasi merah yang mengandung banyak serat dan lebih baik jika dibandingkan dengan nasi putih yang menjadi bahan pokok utama masyarakat Indonesia.
  • Jenis umbi-umbian seperti ketela, talas, jagung yang mengandung sedikit gula dibandingkan dengan nasi putih dan cocok bagi Anda penderita diabetes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s