Kasih Sayang, Fungsi Lembaga Keluarga yang Wajib Diekspresikan

Kasih Sayang, Fungsi Lembaga Keluarga yang Wajib Diekspresikan – Keluarga merupakan sebuah unit yang paling kecil di masyarakat, yang terdiri dari orang tua dan anak. Fungsi lembaga keluarga sendiri ada banyak, dan mereka terutama mempunyai peran yang paling penting bagi kehidupan awal anak-anak. Selain berfungsi sebagai pelindung, pendidik anak, dan memenuhi kebutuhan sosial mereka, keluarga juga mempunyai satu lagi fungsi yang penting, yang akan mempengaruhi mereka sampai dewasa nanti, yaitu kasih sayang.

Kasih Sayang, Fungsi Lembaga Keluarga yang Wajib Diekspresikan

Kasih sayang merupakan salah satu fungsi pentingnya lembaga keluarga bagi kehidupan anak-anak. Tanpa adanya kasih sayang yang diberikan orang tua kepada mereka, maka selalu saja ada perasaan tak aman, minder, dan kemarahan yang selalu terpendam di dalam hati anak. Sebagai akibatnya, mereka bisa saja mencari kasih sayang di tempat lain, yang bisa membuat mereka terjerumus.

baca juga : Jadwal Kegiatan Ibu Rumah Tangga : Mencuci Piring Akan Sangat Menyenangkan Jika Kita Gunakan Sabun Anti Bau

Apa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menunjukkan bahwa anak sangatlah dicintai? Ini yang bisa Anda lakukan bagi buah hati Anda:

  1. Sentuhan

Sentuhan fisik adalah cara termudah untuk menunjukkan kasih sayang. Berikan ciuman, usapan di kepala, pelukan hangat, menggandeng tangan, dan ekspresi fisik lainnya. Sentuhan Anda akan menenangkan hati anak.

  1. Tatap mata mereka

Jangan ragu untuk menatap mata anak. Ini akan membuat mereka merasa lebih dihargai, apalagi jika Anda dalam posisi sejajar dengan pandangan mereka, karena menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperhatikan.

  1. Komunikasi

Ajaklah bicara anak Anda. Tidak hanya dengan memberikannya perintah atau pertanyaan ya-atau-tidak, namun ajaklah dia berdiskusi, tanyakan pendapatnya, minta dia bercerita.

  1. Beri disiplin

Anda juga tak harus selalu bersikap ekstra lembut, karena ada saatnya dimana anak harus diajari agar tahu aturan. Beri mereka teguran lembut tapi tegas, dan konsisten, baik dari perilaku Anda sendiri ataupun hal yang harus mereka tahu.

Inilah fungsi lembaga keluarga yang penting bagi kepercayaan diri buah hati Anda. Anak yang tahu bahwa mereka selalu dicintai dan didukung orangtuanya akan lebih terbuka pada orang lain, dan mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Mereka pun akan sangat menghargai Anda ketika sudah dewasa, dan menganggap Anda memang benar-benar orang tua yang hebat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s