Beberapa Contoh Hal Sederhana Yang Bisa Orang Tua Lakukan Dalam Mendidik Anak

Beberapa Contoh Hal Sederhana Yang Bisa Orang Tua Lakukan Dalam Mendidik Anak – Selain dari sekolah, pendidikan juga bisa diberikan oleh keluarga. Dengan pengertian lingkungan keluarga yang diberikan pada seorang anak akan menjadikan mental dan fisik anak berkembang dengan sangat bagus. Sebaliknya jika seorang anak dalam sebuah keluarga tidak mendapat pengertian yang baik, anak tersebut akan mengalami lambatnya perkembangan mental ataupun fisiknya. Jadi pendidikan dalam sebuah keluarga sangatlah penting bagi sang anak. Nah berikut ini beberapa contoh yang bisa orang tua lakukan dam mendidik anak.

Beberapa Contoh Hal Sederhana Yang Bisa Orang Tua Lakukan Dalam Mendidik Anak

  1. Berkomunikasi secara intens

Jika memiliki masalah, seorang anak biasanya mencari tempat untuk mencurahkan isi hatinya. Kalau Tempat mencurahkan isi hatinya tidak tepat, bukan tidak mungkin anak akan terjerumus pada hal yang tidak diinginkan. Namun jika anak anda mencurahkan permasalahan yang dihadapinya pada anda sebagai orang tuanya, maka anda bisa mengontrol apa saja yang harus dilakukan oleh sang anak dalam menghadapi sebuah masalah.

  1. Berikan kepercayaan

Dalam masa perkembangan anak biasanya menginginkan kepercayaan dari orang tuanya. Dengan demikian anak akan terdidik menjadi pribadi yang dewasa. Jika anak tidak diberikan kepercayaan dari orang tuanya, maka anak tersebut cenderung akan melakukan kebohongan agar anda mempercayai  apa yang telah ia lakukan. Seseorang biasanya jika semakin dikekang maka akan semakin membantah. Jadi berilah kepercayaan pada anak anda. Dengan memberikan kepercayaan, anak akan merasakan pengertian lingkungan keluarga secara penuh.

baca juga : Dampak Permen Bagi Anak

  1. Sering mengajak ngobrol

Meski hanya di rumah atau di ruang keluarga, sering lah mengobrol dengan anak anda agar anda bisa mengetahui permasalahan apa yang sedang menimpa anak anda. Meski hanya ngobrol sambil meminum teh hangat, anak anda bisa merasa tenang dan merasa ada yang melindungi. Dari situ akan muncul mental yang kuat sang anak dan perkembangannya pun bisa semakin baik.

  1. Berikan reward

Bila sang anak sudah bisa mendapatkan prestasi baik itu kecil maupun besar, alangkah baiknya jika anda memberikan reward atau hadiah pada anak anda. Dengan hadiah ini bisa memberikan kepercayaan diri pada anak anda dan memotivasi anak untuk terus berprestasi. Hadiah tersebut tidak usah barang yang mahal. Dengan memberi pujian pada anak anda pun akan membuat anak anda termotivasi untuk lebih berprestasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s