Bagaimana Letak & Macam Tempat Cuci Piring

Makan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap manusia yang masih hidup, karena makan merupakan salah satu bentuk pertahanan manusia untuk bisa melangsungkan kehidupannya. Pasti setiap keluarga paling sering melakukan kegiatan makan di rumahnya sendiri, setelah melakukan kegiatan makan, pasti banyak piring atau wadah kotor yang perlu kita bersihkan. Alangkah tidak bagusnya jika piring atau wadah bekas kita makan disimpan dimana saja sehingga terlihat berantakan. Tempat yang paling baik untuk menyimpan atau membersihkan piring yang kotor yaitu tempat cuci piring, karena jika melakukan kegiatan cuci piring di kamar mandi dan kita tidak membilas dengan baik, bisa saja sisa makanan atau kotoran dari piring yang kita cuci masih tertinggal sehingga pada saat kita ke kamar mandi terasa tidak nyaman.

Tempat cuci piring beraneka macam bentuknya sehingga terkadang sering dilupakan oleh sebagian orang ketika membangun rumah, karena beranggapan mencuci piring bisa dilakukan dimana saja, padahal walaupun tempatnya tidak terlalu besar tetapi tempat cuci piring sangat besar manfaatnya bagi kita, khususnya untuk menjaga kebersihan dan kerapihan di rumah.

Tempat cuci piring sebaiknya terdapat di area dapur, karena kegiatan memasak ataupun makan sering dilakukan di dekat area dapur, sehingga kita tidak terlalu kesulitan untuk mencuci piring yang kotor ataupun mencuci peralatan memasak yang telah kita gunakan. Tempat cuci piring letaknya harus disesuaikan dengan tempat penampungan air, sebaiknya tempat cuci piring harus berada lebih rendah dibandingkan dengan tempat penampungan air, apalagi lebih bagus jika penampungan air untuk kebutuhan cuci piring dipisahkan dengan penampungan air untuk kegiatan mandi atau yang lainnya, sehingga air yang digunakan untuk mencuci piring atau peralatan yang masak yang kotor tidak cepat habis.

Membuat bak tempat cuci piring bisa kita buat sendiri dengan menggunakan keramik, atau menggunakan bahan yang telah jadi yang terbuat dari stainless atau besi, semua bahan untuk membuat bak cuci piring mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga kita harus lebih teliti dalam memilih bahan yang akan kita gunakan. Yang paling penting yang harus kita perhatikan yaitu pembuatan saluran pembuangan, usahakan jangan terlalu kecil dan terdapat saringan supaya sisa makanan yang dibuang bisa tersaring sehingga bak cuci piring tidak mampet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s